Thursday, November 27, 2008

ANTARA TONALAN & MERLION PARK


Tak perlu pusing menghubungkan kedua tempat di atas, hanya akan menghabiskan energi. Hanya, saya perlu sedikit menjelaskan. Tonalan adalah sebuah kampung kecil, 12km ke arah barat Jogjakarta. Di situlah saya lahir dan dibesarkan. Kampung yang sederhana dengan sebagian besar penduduknya adalah petani. Selebihnya pekerja pabrik dan beberapa guru.

Sedang Merlion Park adalah sebuah tempat terkenal di Singapura yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Rasanya belum ke Singapura kalau belum berfoto di kompleks patung singa di wilayah Raffless City itu. Jadi sudah jelas tidak ada hubungannya sama sekali.

Tapi dua tempat itu menjadi istimewa dalam perjalanan hidup saya. Melalui sejarah pribadi, kedua tempat berbeda jarak itu menjadi terhubung. Saya yang lahir di Tonalan setidaknya pernah menginjakkan kaki di Merlion. Pergi ke luar negeri merupakan impian banyak orang kampung, salah satunya saya. Bangga. Ing atase wong ndeso koq bisa ke luar negeri. Pilihannya biasanya kalo ngga jadi TKI, ya naik haji.

Seenak, seteratur dan seindah apapun di negeri orang, ternyata tidak bisa menghilangkan magnitude Tonalan. Di Singapura tidak ada sambel tomat dan trasi kesukaan. Semua makanan terasa gimana gitu... Tidak juga ada telo godhog/goreng. Semua sudut dibombardir Burger King, Subway, atau McDonald. Di Singapura bisa melihat gedung-gedung jangkung sepanjang perjalanan, di Tonalan hanya hamparan sawah.


Matur nuwun Gusti karena saya diberi kesempatan untuk memiliki cerita buat anak cucu....

1 comment:

Foto Butik Sahabat Fotografer Indonesia said...

hallo pak dhe ...

wahid kye ...

walah di singapore tetep paling manis to ... heuheehe

wahid