Monday, June 28, 2010



SEPERTI SPONS ATAU BATU?


Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.” (Yohanes 15:7)

Cobalah melakukan sebuah percobaan kecil-kecilan. Ambil seember air, siapkan juga sebongkah batu hitam dan spons yang biasa dipakai untuk mencuci piring. Masukkan batu terlebih dahulu ke dalam ember, lalu dalam beberapa waktu kemudian angkatlah lagi batu itu. Sesudah itu giliran spons yang dibenamkan ke dalam air, dan sama seperti batu, beberapa saat kemudian juga diangkat.


Ada persamaan yang terdapat pada kedua benda tersebut: kedua-duanya sama-sama basah sesudah dibenamkan ke dalam air di ember. Tetapi juga ada perbedaan mencolok; batu itu tidak benar-benar basah. Sebentar saja airnya menguap. Tetapi spons itu diresapi air sedemikian rupa, sehingga ketika benda itu diperas, airnya bisa keluar dari dalamnya.
 Pesan apa yang hendak saya sampaikan dari percobaan di atas? Kisah itu adalah gambaran sederhana dari pesan Yesus Kristus tentang bagaimana “tinggal di dalam firman-Nya” dan “firman-Nya tinggal di dalam kita.” Firman-Nya dapat kita ibaratkan sebagai seember air, tetapi respon kita terhadap firman bisa saja seperti batu atau spons. Kita sudah “tinggal di dalam firman-Nya” tetapi masalah “firman-Nya tinggal di dalam kita” atau tidak, tergantung pada kemauan kita.

Jika kita bersikap seperti batu, maka firman-Nya hanya “mampir” sebentar dalam kehidupan kita, lalu kita melupakannya. Kita seperti baru saja mendengar sebuah khotbah yang bagus, tetapi tidak berarti apa-apa karena kita segera melupakannya. Yang Allah kehendaki adalah respon spons. Ia menyerap firman sampai ke dalam, bukan sekedar di permukaan. Jadi, respon seperti batu atau spons yang terjadi dalam hidup Anda? [JP]

2 comments:

Unknown said...

Mas Joko mungkin berminat untuk ikut lomba menulis cerpen yang diselenggarakan penjunan?

Info lengkap dapat Mas klik di Lomba Menulis Cerpen Kristiani

MAS PRIHANTO said...

ngga PD je Mas, hehehe... saya lihat infonya dulu ya... nuwun