Tuesday, June 08, 2010

MOTIVASI JOHN STEPHEN AKWARI

“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.” (Ibrani 12:1)

Kehormatan menjadi seorang utusan negara, telah menggerakkan John Stephen Akwari untuk berlari, berlari dan terus berlari. Akwari adalah atlit lari Marathon yang diutus Tanzania dalam gelaran Olimpiade musim panas di Mexico pada tahun 1968.

Dalam sebuah nomor lari marathon, ia harus berkompetisi dengan 74 pelari yang lain yang berasal dari berbagai negara. Sebuah pertandingan lari yang berat baginya, bukan saja karena lawan-lawannya, tetapi juga karena ia mengalami ‘kecelakaan’ dalam lomba itu. Ia terjatuh dan mengalami luka pada lutut dan betis kanannya. Tetapi cederanya itu tidak membuatnya berhenti. Meski sudah tidak mungkin ikut dalam persaingan dan menjadi juara, Akwari segera membebat lukanya dengan perban dan kemudian mencoba melanjutkan langkah menuju garis finish.

Stadion tempat berlangsungnya perlombaan berangsur sepi. Pemenang lomba telah dikalungi medali. Tempat duduk stadion sudah hampir kosong, tinggal beberapa tempat yang masih terisi. Orang-orang yang belum beranjak itu ternyata menunggu kehadiran pelari terakhir yang akan memasuki finish. Dan pelari itu adalah John Akwari. Akhirnya, meski terseok, Akwari berhasil juga melampaui garis akhir.

Ketika ditanya wartawan mengapa ia melakukan itu semua, ia menjawab, “My country send me 5,000 miles not just to start the race. They sent me 5,000 miles to finish the race!Ia tidak diutus negeri Tanzania hanya untuk memulai sebuah pertandingan, tetapi ia dikirim jauh-jauh untuk menyelesaikan sebuah kompetisi. Fokus hidupnya adalah untuk mengakhiri pertandingan dengan baik. Sudahkah semangat itu menjadi bagian kehidupan kita? [JP]

BUKAN MASALAH BAGAIMANA MEMULAI, TETAPI BAGAIMANA MENGAKHIRINYA

No comments: