Tuesday, June 08, 2010

DENDA GUARDIOLA

“Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.” (I Korintus 9:25)

Tahun 2009 menjadi milik Barcelona! Klub sepak bola Catalan berkostum merah-biru itu menorehkan enam gelar juara dalam semusim. Keenam gelar juara itu adalah: Copa Del Rey, Liga Champion, Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan terakhir Piala Dunia Antarklub. Apa rahasia tim besutan Pep Guardiola ini? Ternyata karena disiplin tinggi yang diterapkan sang pelatih dengan menggunakan sistem denda.

Denda ini rupanya mampu membuat semua pemain Barca memandang keterlambatan sebagai sebuah kerugian. Dalam aturan klub, diterapkan bahwa semua pemain harus hadir di sesi latihan satu jam sebelumnya. Pemain yang terlambat akan dikenakan denda sebesar 6.000 euro. Jika 1€=Rp 13.000,- maka setiap kali telat berlatih, seorang pemain akan membayar denda sekitar Rp 78.000.000,-

Tak hanya itu, pemain yang ketahuan kelayapan di malam hari juga akan dikenakan denda 2.000 euro (sekitar Rp 26.000.000,-). Guardiola juga akan mendenda pemain sebesar 500 euro (Rp 6.500.00) jika terlambat saat makan pagi. Uniknya, denda ini dapat naik jika memang semua pemain menyetujuinya. Semua uang yang terkumpul dari sistem denda ini akan digunakan untuk makan malam tim dan disumbangkan bagi komunitas lokal Barcelona.

Kemenangan tidak jatuh dari langit, tetapi merupakan hasil dari usaha keras dalam sebuah latihan yang berdisiplin tinggi. Squad Barca menyadari betul bahwa ketidakdisiplinan seseorang adalah kerugian bagi tim. Saya percaya bahwa hal inipun berlaku dalam kehidupan spiritual kita. Jika ingin mendapatkan kemenangan, bekalilah diri dengan disiplin tinggi melalui doa dan hubungan yang lebih erat dengan Kristus. Niscaya kemenangan menjadi bagian kita. [JP]

KEMENANGAN TIDAK JATUH DARI LANGIT TETAPI DIDAPAT DARI DISIPLIN TINGGI

No comments: