Sunday, August 05, 2007

TERTIPU AJARAN PALSU

“Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.” (Matius 24:23)

Masa depan Reno menjadi tak jelas gara-gara terlibat dengan aliran miring yang menyatakan tentang kedatangan Kristus pada 10 November 2003. Daripada melanjutkan sekolahnya, Reno lebih memilih bergabung dengan 280an orang yang lain di Baleendah, Bandung Selatan untuk diangkat Tuhan. Ketika hari yang ditunggu tiba, Reno memang benar-benar diangkat. Sayangnya bukan oleh Tuhan Yesus, tetapi ‘diangkat’ polisi ke sebuah truk dan dibawa ke panti rehabilitasi. Tragis betul nasib pemuda yang belum juga menyelesaikan SMU-nya itu.
Peristiwa penyesatan yang berhubungan dengan kedatangan Yesus adalah ‘sejarah yang berulang.’ Sudah puluhan kali banyak nabi palsu yang muncul dan menubuatkan hari kedatangan Tuhan. Tak satupun diantara nubuat itu yang menjadi kenyataan, semuanya meleset. Memang mengherankan jika kemudian masih ada orang yang mencoba meramalkannya lagi. Anehnya lagi, selalu saja ada orang yang percaya dan tersesat. Rapuhnya iman dan minimnya pemahaman terhadap Kitab Suci adalah faktor utama mengapa penyesatan terjadi. Orang yang rapuh imannya dan tak banyak mengerti kebenaran mudah sekali diombang-ambingkan angin pengajaran yang sumbang.
Untuk itulah sikap dan pemahaman yang benar tentang kedatangan-Nya kedua kali menjadi penting. Berkali-kali Yesus sendiri mengungkapkan bahwa kita harus berjaga-jaga terhadap penyesatan yang akan mendahului kedatangan-Nya. Pada bagian lain Dia mengisyaratkan perlunya pelayanan terbaik dari kita agar pada waktunya ‘gelar’ sebagai hamba yang setia itu melekat pada kita. Tak perlu pusing dan sibuk mengutak-atik waktu kedatangan-Nya. Lebih baik waktu yang ada digunakan untuk memberikan persiapan terbaik dalam menyambut-Nya. Setuju? [JP]

No comments: