Friday, August 27, 2010

DEMI KEMULIAAN-NYA


"...dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.” (Kisah Para Rasul 2:22)


Dalam dekade 80an pernah tampil seorang penginjil televisi bernama Jim Bakker. Ia adalah seorang hamba Tuhan yang kontroversial, bukan saja karena ajarannya tentang Teologi Kemakmuran, tetapi juga tentang perilaku manipulatifnya terhadap mujizat-mujizat yang terjadi di dalam KKR yang dipimpinnya. Di akhir kebaktian yang dipenuhi mujizat itu, ia lantas mendorong jemaat untuk mempersembahkan apa saja yang mereka miliki.


Mujizat yang terjadi telah dipakainya sebagai alat untuk kemudian memperkaya diri sendiri. Ia menggelapkan uang jemaat yang mendukungnya sejumlah $158 juta yang kemudian menuntunnya ke pintu penjara. Uang yang dipakai untuk mendukung pelayanan yang dikembangkannya pun, ditilep sebagian untuk kepentingan pribadi.


Belum lagi, Jim suka bergaya hidup mewah. Ia memiliki enam rumah mewah dengan masing-masing rumah anjing yang ber-AC. Ia berzinah dengan sekretaris gereja dan mencoba menutupi kasus itu dengan suap sebesar $250 ribu. Isterinya kemudian menceraikannya ketika ia ada di dalam penjara.


Demikianlah kalau mujizat yang seharusnya dinyatakan untuk kemuliaan-Nya, telah diselewengkan bagi kemuliaan pribadi. Jika mujizat terjadi, yang harus dimuliakan adalah Kristus. Mujizat harus meneguhkan karya penyelematan Kristus, bukan untuk kepentingan manusia.


Sahabat, siapapun kita dapat mengalami ketergelinciran seperti kisah di atas. Tidak ada maksud sama sekali untuk mendiskreditkan siapapun, tetapi justru untuk belajar dan berhati-hati. Harapkanlah mujizat terjadi, tetapi jangan sampai melenceng dari tujuannya yang semula. [JP]

No comments: