Tuesday, September 28, 2010


MELAYANI MELALUI DESIGN

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3:23)

Tak banyak yang mengenal desainer logo Henricus Kusbiantoro. Pria yang acap disapa Icus ini adalah desainer LOGO Supremasi Sepak Bola Amerika Super Bowl 2011. Icus adalah juga seorang Senior Art Director Landor Associates di San Fransisco, Amerika Serikat. Sejak bergabung dengan Landor, portofolio internasional berderet di curriculum vitae Henri. Namanya semakin kukuh sebagai desainer merek.

Icus juga menjadi desainer grafis Indonesia pertama yang meraih penghargaan internasional berpengaruh, DAD London Merit Award. Karya Henri saat itu adalah desain merek kampanye global US Red Campaign for AIDS in Africa yang diinisiasi pemusik Bono dari band U2. Kampanye itu sendiri diresmikan di World Economic Forum, Davos, Swiss, pada 2006.

Icus pun pernah bergabung dalam proyek revitalisasi General Electric (GE) sebuah produk elektronik ternama di dunia. Dari proyek GE ini Henri belajar banyak. Perancangan logo bagi klien-klien multinasional dan berskala besar sangat mustahil dikerjakan dengan semangat kerja one man show, tapi kerja sama multidisiplin. “Keberhasilan merancang sebuah logo banyak dikaitkan sebagai misteri, intuisi, bakat alami, hoki bahkan wangsit hingga fengsui. Namun, saya pribadi percaya campur tangan Tuhan dalam pekerjaan tangan kita sebagai desainer adalah misteri yang layak menjadi renungan,” tulis ayah satu putra ini.

Kiranya semangat Icus untuk berkarya melalui apa yang Tuhan titipkan padanya itu menginspirasi setiap kita bahwa pekerjaan apapun yang kita lakukan, jika disertai dengan keyakinan akan penyertaanNya, akan mendatangkan kemuliaan bagiNya. [JP]

No comments: