Tuesday, June 14, 2011

EQUAL RELATIONSHIP

 “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” (Efesus  6:4)

Sebuah penelitian tentang hubungan anak – orang tua menunjukkan bahwa kecerdasan emosional anak sangat dipengaruhi oleh pola hubungan tersebut. Salah satu pola hubungan terbaik antara orang tua – anak adalah Equal Relationship.
Dalam Equal Relationship, orang tua memperlakukan anak bukan sebagai individu yang kedudukannya lebih rendah melainkan sebagai individu yang setara. Dengan demikian, seorang anak mempunyai lebih banyak kesempatan untuk melakukan evaluasi terhadap segala perilakunya, termasuk dalam hal mengendalikan emosi.
Di sini anak belajar dari pengalaman berinteraksi dengan orang tuanya bahwa selama ini ia diberi kesempatan untuk bersaing ataupun bekerjasama dengan orang tuanya pada situasi tertentu sehingga ia akan belajar mengenali kelebihan dankekurangannya sekaligus belajar untuk mengendalikan emosinya. Melalui proses belajar dari pengalaman sendiri, tanpa terlalu didominasi maupun terlalu didukung, maka seorang anak akan menjadi lebih matang secara emosional. 
Dalam pola hubungan yang lain, anak biasanya ditempatkan lebih rendah dari orang tuanya. Atau sebaliknya, mungkin juga anak selalu mendapatkan support dari orang tuanya, padahal mestinya mereka melakukan sendiri tanpa bantuan orang tua. Bahkan juga ada orang tua yang terlalu dominan terhadap anaknya, sehingga anak-anak merasa tertekan.
Ketika anak-anak mendapatkan rasa aman dan nyaman, mereka akan berkembang secara sehat di dalam segala aspek kehidupan mereka. Jika bukan kita sebagai orang tua, siapa lagi yang akan menolong mereka? [JP]

No comments: