Tuesday, June 14, 2011

CERDIK MENGATUR KEUANGAN

 “Orang yang mencintai hikmat menggembirakan ayahnya, tetapi siapa yang bergaul dengan pelacur memboroskan harta.”  (Amsal  29:3)

Seorang pria Tionghoa pergi ke suatu bank di New York City dan berniat untuk meminjam uang $5000 untuk kepentingan perjalanan bisnis ke China selama 2 minggu. Si pegawai mengatakan bahwa bank tersebut membutuhkan suatu jaminan untuk melakukan pinjaman. Kemudian si pria bermata sipit itu membawa mobil Ferrari baru dan diparkir di depan bank sebagai jaminan. Pegawai bank setuju menggunakan mobil mewah itu sebagai jaminan.

Setelah pria Tionghoa tersebut pergi, pemimpin dan pegawai-pegawai bank tersebut menertawakannya karena menggunakan mobil Ferrari baru seharga $250.000 sebagai jaminan terhadap pinjaman sebesar $5000. Petugas bank kemudian memarkir mobil Ferrari tersebut ke dalam underground garage  (garasi bawah tanah) milik bank tersebut. 

Dua minggu kemudian, pria itu kembali dan membayar hutang sebesar $5000 berikut bunganya sebesar $15.41.  Pegawai bank berkata, “Tuan, kami sangat senang bisa berbisnis dengan Anda, dan transaksi ini berjalan dengan lancar. Tetapi kami sedikit bingung. Ketika Anda pergi, kami mengecek siapa Anda dan mengetahui bahwa Anda adalah seorang miliarder. Mengapa anda repot-repot meminjam uang sebesar $5000?” Si pria membalas, “Di mana lagi tempat di New York City yang bisa digunakan untuk memarkir mobil saya dengan aman hanya dengan harga $15.41?” Dan pegawai bank pun mengakui kelihaian pengusaha kaya itu...

Sahabat, Tuhan mengaruniakan hikmat kepada kita untuk mengatur berkat yang dipercayakanNya. Gunakanlah dengan bijak setiap rupiah yang diberikan Tuhan kepada kita, karena suatu kali kelak kita akan mempertanggungjawabkannya. [JP]

No comments: