Wednesday, October 13, 2010


PERTANDINGAN YANG TAK MENENTUKAN

“…sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.” (1 Petrus 1:16)

Pernahkah Anda menyaksikan sebuah pertandingan olahraga yang hasilnya tidak lagi menentukan bagi kedua tim yang bertanding? Pertandingan itu pasti akan menjadi pertemuan yang sangat membosankan. Atau pernahkah Anda menyaksikan laga persahabatan? Tidak ada gengsi yang dipertahankan dan tidak ada sesuatu yang menjadi tantangan untuk dikejar.

Berbeda dengan pertandingan yang kerap disebut sebagai “partai hidup-mati”. Duel semacam ini menjadi menarik untuk disaksikan. Masing-masing tim akan bertanding dengan mengerahkan semua jurus agar dapat melumpuhkan lawan. Sambil berhati-hati terhadap serangan lawan, tempo permainan tinggi biasanya diperagakan. Tontonan semacam ini yang diminati pemirsa olah raga.

Kehidupan kita sebagai orang percaya dalam menjaga kekudusan ibarat pertandingan olah raga. Kita diperhadapkan pada pada tantangan-tantangan yang mencoba membuat kita terjatuh. Tetapi justru di situlah seninya. Kekudusan hidup yang dibangun itu menjadi bernilai ketika tekanan dan tantangannya semakin besar.

Hal ini berbeda dengan kesucian yang dibangun dengan mengasingkan diri atau dengan menyingkirkan segala macam godaan. Menyepi agar tak melihat hal-hal yang tak berkenan ibarat merindukan kemenangan tanpa bertanding.

Karena itu Sahabat, di sinilah –di tengah-tengah dunia yang sudah bobrok ini– kita membuktikan kesucian hidup kita di hadapan Tuhan. Kita diberik kuasa dan kemampuan untuk melakukannya bersama Roh Kudus yang berdiam di dalam kita. [JP]

1 comment:

Inspironi said...

Amen, menjaga kekudusan akan membuat kita bersinar dan menjadi terang di tengah gelap dan bobroknya dunia :)