Wednesday, March 10, 2010

MENJAGA NYALA ANTUSIASME

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.” (Roma 12:11)

Suatu kali saya iseng membeli secara eceran sebuah koran yang halaman mukanya penuh dengan judul bombastis. Bahkan judul-judul itu telah menghabiskan banyak tempat daripada isi beritanya. Dan, astaga... 90% lebih beritanya beraroma negatif dan bukanlah berita yang menghibur hati. Ada berita pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, penipuan, gossip dan juga intrik politik.

Memang ada sebuah slogan yang dipegang oleh para pembuat berita. Slogan itu berbunyi, “Berita baik bukanlah berita – Bad news is good news.” Artinya, adalah sebuah kesengajaan kalau berita yang disuguhkan itu memang merupakan berita-berita ‘pilihan’. Berita-berita baik dalam arti yang sesungguhnya sengaja tak ditampilkan karena dipastikan bakal tak laku dan sepi peminat.

Menurut seorang motivator, jika kita terus-menerus mengkonsumsi berita yang negatif seperti ini, alam bawah sadar kita akan terpengaruh. Hal itu akan membuat antusiasme kita dalam kehidupan turun drastis. Tentu saja ini sangat merugikan karena antusiasme yang turun membuat semangat loyo yang lalu berimbas pada produktifitas. Karena itu ia menyarankan agar kita ‘puasa’ memaca berita begituan selama setidaknya enam bulan. Ia menjamin bahwa semangat hidup akan kembali menyala.

Waktu renungan ini ditulis, sayapun sedang mengamati bagaimana semua media dibombardir oleh berita simpang siurnya penegakan hukum di Indonesia. Genderang perseteruan antara “cicak” (KPK) dan “buaya” (Polri). Berita itu memang menguras perhatian publik dan tidak menghasilkan apa-apa. Orang berharap bahwa akan terjadi penegakan hukum, tetapi yang muncul hanyalah sebuah kebingungan masyarakat.

Sahabat, untuk menjaga antusiasme kita tetap tinggi, mari kita menjaganya dengan mengaktifkan filter terhadap berita-berita buruk itu. Bukankah jauh lebih bermanfaat membaca buku-buku yang menceritakan kisah sukses seseorang? Bukankah lebih berguna menghabiskan waktu dengan bacaan-bacaan inspiratif lainnya?[JP]

3 comments:

Anonymous said...

search engine ranking tool seo usa backlinks backlink service

Anonymous said...

Howdy! I simply want to offer you a big thumbs up for your great information you have right here on this post. I'll be coming back to your website for more soon.

[url=http://xrumergeek.com]seo service[/url]

Anonymous said...

e cigarettes, e cigarette, smokeless cigarette, electronic cigarette, e cigarette, smokeless cigarettes