Tuesday, January 04, 2011

KESAKSIAN OM JO

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapa di sorga.” (Matius 5:16)

Bumi Maluku menyumbangkan banyak tokoh yang kehidupannya memberi dampak bagi bangsa ini. Salah satu diantaranya adalah Prof. Johanes Leimena. Orang-orang memanggilnya Om Jo. Ia lahir pada tanggal 6 Maret 1905 dari keluuarga guru di Desa Ema, Pulau Ambon. Om Jo dikenal sebagai orang Kristen yang berkarakter luhur dan penuh dedikasi.
Johanes menempuh pendidikan dasarnya pada sekolah “Ambonesche Burgerschool” di Ambon dan menyelesaikannya pada sekolah ELS (Europeesche Lagere School) di Jakarta tahun 1919. Kemudian melanjutkan ke sekolah menengah “MULO” Kristen dan tamat pada tahun 1922. Selanjutnya menempuh pendidikan tinggi pada sekolah kedokteran “STOVIA” di Jakarta dan tamat pada tahun 1930. Setelah bekerja sebagai dokter swasta, ia melanjutkan studi dan mendalami ilmu kedokteran meraih gelar Doktor pada tahun 1939.

Ia berjuang melintasi setiap zaman untuk memberi yang terbaik bagi Indonesia. Johanes adalah ketua umum Yong Ambon yang memelopori Sumpah Pemuda 1928. Ia juga menjadi Menteri Kesehatan RI selama 8 kali dan pernah juga menjadi Pejabat Presiden RI. Iman Kristennya yang teguh, diaktualisasikan dalam tindakan sederhana yang nyata, telah membuatnya diterima berbagai kalangan. 10 November 2010 lalu Prof. Johanes Leimena dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Sahabat, demikianlah seharusnya kehidupan kita sebagai orang percaya dijalankan. Iman yang berkenaan dengan hubungan kita ke atas kepada Tuhan, diwujudnyatakan dengan hubungan yang harmonis dengan sesama manusia. [JP]

No comments: